I’M NOT BORN MAD

can i smoke
“Sorry can I smoke?” Digital media 2016.
Aku tidak terlahir gila.
Karena tatanan aku menjadi gila.
Karena kegilaanku banyak orang yang memperbincangkanku.
Maka, aku gila aku ada.
(Jangan dibaca biar tidak gila)
Gila adalah sebuah kata yang mendefinisikan kondisi jiwa seseorang yang terganggu. Semua manusia normal berpeluang untuk menjadi gila karena terangsang untuk menjadi terganggu. Gila tak harus mengalami kerusakan mental, ia bisa jadi merupakan pendefinisian lain atas sebuah kondisi manusia dalam merespon segala sesuatu. Robot-robot modern yang kaku, berseragam, dan menuai tunjangan ekonomi karena kenormalannya adalah bukan termasuk dalam orang gila. Tidak ada kuasa untuk menjerujikan orang modern yang menempa melalui kekerasan simbolis terhadap orang tradisional dan orang perpaduan tradisional-modern serta orang yang berbeda arus dengannya. Orang menyebabkan keteraturan disana-sini menyebabkan pembelengguan di sana-sini pula.
Seni bukanlah urusan netral (Joost Smiers: 2009, 16) dan anti keberpihakan. Seni pasti memihak orang-orang yang fokus untuk berbuat, fokus untuk mengkritik, fokus untuk berkarya, fokus untuk menata segala hal yang spesifik. Karya seni bukanlah barang berharga tanpa kegilaan pemikiran seniman dibaliknya. Seni adalah gila, karena kegilaannya dia berkarakter. Disisi lain karena karakter kegilaannya ia menjadi unik, tak peduli ia berguna atau tidak asal bisa gila orang bisa mengkritik manusia lain yang menyebabkan perubahan kebudayaan.
Tak perlu menyoal bentuk visual karena seni tak hanya sekedar membuat sesuatu menjadi lebih indah dan cantik. Keindahan pun telah mengalami dekonstruksi di sana-sini. Indah tak melulu seorang kembang desa sekelas lukisan mooi indie namun saat ini banyak indah-indah yang kritis, yang nyentrik, unik, tak peduli dia menarik atau tidak. Indah tak lagi seorang objek yang dieksplorasi visualnya tapi juga pemikiran dibalik tubuhnya. Indah bukan robot-robot berseragam yang tak punya nilai kritis atas kejadian di sekitarnya. Revolusi kritis dalam pemikiran Indah mendekonstruksi bagaimana ia terlihat secara visual.
Kelainan yang dalam bahasa inggris disorder terdefinisi menurut saya sebagai sebuah penyimpangan dalam suatu hal. Kegilaan manusia untuk mengkritisi melalui perubahan sikap dan tatanannya dalam kehidupan sehari-hari merupakan kelainan realitas yang dalam bahasa inggris adalah reality disorder. Seseorang dengan kondisi kelainan realitas adalah seorang yang berusaha mengupayakan segala hal terus berjalan meskipun ia divonis tidak mampu lagi untuk mengerjakan sesuatu tersebut. Lihat sekitarmu, mereka yang memiliki kelainan realitas akan bertindak dan bertingkah laku diluar apa yang terbatas dengan upaya yang ada dalam jalur kiri maupun jalur kanan.
Aku tidak terlahit gila.
Hanya mungkin karena aku terlalu peduli suatu waktu dan terlalu tidak peduli pada suatu waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s